Harmoni CSS : Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hadi Sampaikan Pesan Penting kepada Pengurus CSSMoRA

Jan5,2024

Pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Hadi yang merupakan salah satu pondok pesantren mitra PBSB(Program Beasiswa Santri Berprestasi), yang berada di Jl. Arumdalu, Krapyak Wetan, RT 08, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY, pada Rabu, 3 Januari 2024. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi dan untuk melihat langsung kegiatan pendidikan dan keagamaan di pondok pesantren Al-Hadi ini.

Kegiatan ini juga adalah salah satu program kerja dari Badan Pengurus Harian (BPH) CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Harmoni CSS. Kegiatan dari Harmoni CSS ini yaitu Silaturahmi ke Pesantren mitra, Pengelola, dan Kanwil Kemenag DIY, dan menjalin komunikasi serta kerja sama dengan pihak terkait dan mengadakan acara pelepasan dan syukuran wisudawan/wati CSSMoRA.

Para pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga yang berkunjung ke Pondok Pesantren ini hanya empat orang, yakni Fadilla Aisya Putri (Ketua Umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. Taera (Sekretaris CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga) Siti Asmariani(Bendahara CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga), dan Rian Arfiansyah(Wakil Ketua CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga). Kegiatan kunjungan ini disambut langsung oleh pengasuh pondok pesantren Dr. HM. Anis Mashduqi, Lc., MSI., dan para pengurus. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan pesan-pesan penting kepada para pengurus CSSMoRa supaya CSSMoRA klo bisa menonjolkan proker yang menjaga nilai2 kepesantrenan untuk para anggotanya.

“Kalian kan punya latar belakang pesantren dan setiap pesantren punya tradisi yg samaTradisi etika moral pesantren perlu diperkuat (sehingga ketika diluar kalian bisa beretika moral santri yg kuat), datangkan tokoh untuk kajian, diskusi supaya mereka bangga dengan tradisi itu dan supaya santri bisa kuat dengan tradisi tersebut” lanjutnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hadi, Dr. HM. Anis Mashduqi, Lc., MSI., juga Tidak hanya berpesan, beliau juga menyampaikan saran-sarannya ketika kunjungan kesana seperti :

1. Perbanyak kajian ilmiah, diskusi karya tulis, kegiatan belajar jurnal

2. Kalo ngadain acara di pesantren2 mitra PBSB saja, agar smua bisa paham masing2 pesantren mitra PBSB

3. Memperkuat pembelajaran metodologi penelitian, diluar kelas, forum diskusi seperti itu.

Ketua umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Fadilla Aisya Putri menyampaikan “kunjungan ke pondok pesantren mitra ini akan berlanjut ke pesantren pesantren mitra PBSB UIN Sunan Kalijaga, yang ikut sowan pada hari ini Cuma empat orang, karena yaa.. ini kan masa nya libur kuliah jadi pada pulang, pada Bulan Februari In Sya Allah kami akan melakukan kegiatan seperti ini lagi bersama teman-teman, dan juga pengurus” tuturnya.

Kunjungan Pengurus CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga ke Pondok Pesantren Al-Hadi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keagamaan di pondok pesantren. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memperkuat silaturahmi antara CSSMoRA dengan pondok pesantren mitra PBSB.

2 thoughts on “Harmoni CSS : Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hadi Sampaikan Pesan Penting kepada Pengurus CSSMoRA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *