Evaluasi KTPT 2023

Des24,2023

Bantul, 23 Desember 2023 – Kaderisasi Tingkat Perguruan Tinggi (KTPT) 2023 yang diselenggarakan oleh CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan sukses. Kegiatan yang mengusung tema ” Mahasantri Berkarakter Mewujudkan Kader CSSMoRA yang Berintegritas dan Berjiwa Loyalitas ” ini diikuti oleh kurang lebih 90 peserta yang menerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) angkatan 2023 dari tiga Program Studi kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadis (ILHA), dan Ilmu Kesejahteraan Sosial(IKS).

Panitia pelaksana melakukan evaluasi terhadap kegiatan KTPT tahun 2023 ini di Cafe Main-Main Sorowajan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Hanindiyah Ghefira Hasim sebagai Ketua pelaksana acara KTPT 2023 kali ini. Dia terkesan dengan acara KTPT ini

“KTPT CSSMoRA UIN Suka 2023. KTPT CSSMoRA UIN Suka 2023 itu… grateful! Dipercaya sebagai ketua panitia, banyak hal menarik dan menegangkan yang aku alami. Pada hari pelaksanaan, peserta banyak yang terlambat, dan kesulitan bagi panitia untuk mengarahkan peserta dan tidak kooperatif dalam pematerian karena jumlah peserta yg membludak. sempat overthinking gimana nih untuk KTPT 2023 hari ini, tapi Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar walau masii banyak kendala dan problem di lapangan dan itu hal yg biasa terjadi pada setiap acara. Namun, selain hal yang aku takuti, aku sangat menikmati kebersamaan bersama seluruh panitia dan tim fasilitator. Pesan aku untuk kepanitiaan KTPT tahun depan gunakanlah kesempatan kepanitiaan ini untuk meningkatkan skill team building dan event management kepanitiaan kalian, semangat”. Pungkasnya di rapat evaluasi.

Ada beberapa hal yang menjadi pesan-pesan penting dari ketua Umum CSSMoRa UIN Sunan Kalijaga Fadilla Aisya Putri Virgimena. “Ini pengalaman pertama kegiatan KTPT pesertanya sangat banyak dan luar biasa mereka. KTPT UINSUKA paling rame banyak pengalaman”, dia berharap untuk kedepannya lebih semangat lagii, konsep kegiatannya lebih keren lagi ungkapnya di rapat evaluasi malam hari itu.

Bendahara PSDM CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Indan Zulfa turut memberikan apresiasi tekait acara ini ” Selamat dan sukses untuk kaderisasi yg telah terlaksana selama 3 hari berturut-turut. Baru kali ini rasanya KTPT di UIN SUKA terkonsep dengan sedemikian rupa. Luar biasa keren sih untuk panitia, peserta, fasilitator dan semua yang terlibat udah extraordinary mencurahkan tenaga, waktu, maupun fikirannya. Semoga langkah awal yang baik ini menjadi semangat baru buat event” berikutnya di CSSMoRA UIN Suka. Untuk angkatan 23 semangat selalu yaa berproses di CSSMoRA” ungkapnya dalam rapat evaluasi kemarin.

Rapat evaluasi ini bertujuan untuk Mengukur keberhasilan kegiatan: Rapat evaluasi bertujuan untuk mengukur apakah suatu kegiatan telah mencapai tujuannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membandingkan hasil kegiatan dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan kegiatan: Rapat evaluasi bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu kegiatan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber, seperti peserta kegiatan, panitia pelaksana kegiatan, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Memberikan umpan balik bagi perbaikan kegiatan di kepanitiaan selanjutnya Rapat evaluasi bertujuan untuk memberikan umpan balik bagi perbaikan kegiatan pada kepanitiaan yang akan datang. Umpan balik ini dapat berupa rekomendasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan, atau meningkatkan kepuasan peserta dan kualitas keberhasilan kepanitiaan nanti.

Pengurus juga ,emyampaikan saran-saran yang cukup penting, untuk acara kepanitiaan selanjutnya, antara lain:

Rateh Aninda Kadep P3M CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga pada rapat evaluasi kemarin berpesan “Untuk panitia mungkin lebih disiapkan lagi, jangan terlalu kaku dengan tupoksi atau SOP, karena setiap kita mengadakan kegiatan, itu pasti pas hari h dan di lapangan itu pasti ada variabel baru dari yang sudah kita rencanakan. Minimal, kalau memang belum ada plan A plan B, ya siapkan mental kita untuk sesuatu di luar rencana, semangat” ucapnya.  

Wakil ketua umum Khidrian Arfiansyah juga turut menyampaikan kesan dan pesannya juga terkait acara ktpt kemarin

“Kesannya adalah KTPT tahun ini sangat luar biasa, karena dikonsep dengan baik dan komprehensif sehingga memberikan pengalaman pelatihan dan belajar yang interaktif, asyik dan mudah dipahami. KTPT tahun ini juga merupakan kerja keras panitia yang hebat dan fasilitator yang mumpuni yang menghasilkan kegiatan yang disambut baik dan ria oleh para peserta” tuturnya, dia berpesan agar tetap belajar dan bertumbuh untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, untuk peserta, panitia bahkan fasilitator sendiri. Karena berjuang untuk hidup bukan sekedar hidup bernafas, tapi ada seni dalam kehidupan, dari banyaknya proses seni tersebut adalah belajar dan bertumbuh kembang.

“Harapannya semoga KTPT tahun ini menghasilkan kader yang kapabel dan militan dalam berorganisasi khususnya di CSSMoRA, serta berdampak bagi sekitarnya. Selanjutnya untuk panitia dan fasilitator semoga mendapatkan pelajaran dan nilai yang berharga dari program ini dan terus berdampak serta bermanfaat dalam tutur kata dan gerak geriknya. Semuanya sudah hebat, sehat selalu kalian. Aamiin!” pungkasnya.

Kegiatan KTPT 2023 yang diselenggarakan oleh CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta yang menerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) angkatan 2023 dari tiga Program Studi kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadis (ILHA), dan Ilmu Kesejahteraan Sosial(IKS).

Kegiatan ini dinilai sukses karena telah mencapai tujuannya, yaitu mencetak kader CSSMoRA yang berintegritas dan berjiwa loyalitas. Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk peserta, panitia, dan pengurus CSSMoRA.

Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk kegiatan KTPT di masa mendatang. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Panitia perlu lebih siap menghadapi kemungkinan adanya kendala di lapangan.
  • Konsep kegiatan perlu lebih disempurnakan agar lebih menarik dan interaktif.
  • Panitia dan fasilitator perlu meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola kegiatan.

Secara keseluruhan, kegiatan KTPT 2023 merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan kader CSSMoRA yang berkualitas dan dapat berkontribusi bagi masyarakat.

One thought on “Evaluasi KTPT 2023”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *