Rangkaian Harlah CSSMoRA ke-16: Bakti Sosial CSSMoRA UIN Suka dan Keceriaan Yatim Piatu dan Dhuafa di Yogyakarta

Des23,2023

Jum’at, 15 Desember 2023 – keceriaan dan tawa serta candaan senja menghiasi di Griya Yatim dan Dhuafa Yogyakarta. Dalam rangka Hari Lahir CSSMoRA Nasional yang ke-16 tahun ini, seluruh CSSMoRA PT (perguruan tinggi) mengadakan kegiatan bakti sosial.

CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Bakti Sosial untuk para yatim piatu dan dhuafa di Griya Yatim Dhuafa Yogyakarta yang beralamat di Jl. Taman Siswa No.129, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151.

Kegiatan Bakti sosial ini diikuti oleh 12 anggota mahasantri CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari perwakilan pengurus dan anggota aktif CSSMoRA UIN Suka,  juga oleh seluruh anak yatim piatu dan dhuafa yang tinggal di Griya Yatim dan Dhuafa Yogyakarta.

Kegiatan ini  disambut hangat dari [Bapak Riyanto (pengelola Griya yatim dan dhuafa Yogyakarta). Kata beliau “Alhamdulillah seneng banget bisa di hadiri para Mahasiswa, apalagi dari kalangan para santri santri yang menerima beasiswa, in sya allah tambah-tambah keberkahan bagi kita semua, semoga CSSMoRA bisa terus berdedikasi kepada masyarakat, dan anggota-anggotanya betah dalam berproses di CSSMoRA ini. Mudah-mudahan organisasi CSSMoRA ini terus maju dan bukan hanya sekedar organisasi akan tetapi, oraganisasi ini (CSSMoRA) bisa memberikan manfaat kepada masyarakat banyak dan lebih baik kedepannya”.

Ketua umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Fadila Aisya turut menyertai kegiatan ini . ” Alhamdulillah senang melihat adek” di Griya Yatim dan Dhuafa ketawa. Bersyukur masih bisa berbagi senyum dan tawa selain material.,” kata beliau sesaat setelah kegiatan acara selesai. Beliau (Fadilla Aisya) berharap cssmora untuk kedepannya lebih bermanfaat untuk kalangan masyarakat luas, bukti adanya santri makin dikenal sebagai bentuk pengabdian dan rasa syukur yang dimiliki setiap anggota cssmora.

Bakti sosial ini yaitu memberikan santunan berupa berupa paket sembako, dan alat-alat tulis tulis untuk kebutuhan anak-anak dalam bersekolah. Tak hanya itu, pengurus dan anggota CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga juga melakukan kegiatan hiburan dan edukatif untuk anak-anak yatim piatu, dan bermain-main seperti main tebak-tebakkan yang menghibur dan memancing tawa riang.

 Rateh Anindiya (Kadep P3M CSSMora UIN Suka) yang mengikuti acara bakti sosial ini mengaku senang mengikuti kegiatan ini. ” Kalo perasaan yang pasti ya seneng si… Main bareng adek2 yang masih polos, main games, dan harapannya apa yang kita donasikan kemarin bisa bermanfaat bagi adek-adek disana,” ujarnya dengan semangat.

Tiguan (Anggota Aktif Angkatan 2023 Prodi Ilmu hadis) juga menyampaikan pendapatnya “Menurut saya kegiatan BAKTI SOSIAL yang di adakan CSSmora merupakan hal yang positif tentunya, dan kami yang hadir dan ikut berpartisipasi d kegiatan tersebut ikut senang karena hadir dan bisa menghiburkan mereka dengan membawa beberapa sumbangsi dan bermain bersama mereka. Harapan saya semoga kegiatan ini konsisten dan bukan hanya d adakan d saat ultah harlah tetapi ketika ada waktu dan rejeki lebih hendaklah kegiatan ini tetap berjalan terus menerus. Kegiatan yang kami adakan selama bakti sosial kemarin adalah menyantui anak yatim dengan mengajak bermain seperti main balon dan main tebak tebakan, kemudian kami juga memberikan kan kue dan sumbangsi sebagai simbol dan rasa syukur atas Harlah nasional CSSmora” ungkapnya.

Ismiyah (anggota aktif angkatan 2023 prodi IKS) menjelaskan kegiatan kegiatan apa saja yang dilakukan pada saat acara bekti sosial ini. “Jadi awal kita masuk ke lokasi dan disambut oleh pengasuh dan anak2 kecilnya. Trus di buka oleh kak zaki acaranya. Habis itu di isi sambutan sama pengasuh dan kak fadhilah. Ditengah2 itu juga, kita ada nyanyi lagu, tepuk2, bercanda2 dengan anak2 kecil tersebut. Ada juga game berisi 3 orang dalam 1 kelompok, dan salah satunya ada anak2 kecil itu. Karna anak kecilnya ada 5 orang, jadilah 5 kelompok. Game nya adalah menaruh balon pada kepala mereka ber 3, jika ada musik maka mereka berhenti dan menari dan jika musik mati mereka melanjutkan perjalanan sampek 3 kali. Meskipun tidak ada pemenang, anak2 kecil tersebut merasa terhibur. Gk hanya itu juga sih, ada main tebak2 an juga sampai mereka merasa puas. Setelah itu peresmian yang diisi dengan potong kue dan pemberian pada tempat tersebut. Habis itu kita bersalam2 dan berfoto bersama” tutur beliau dengan jelas.

Bintan (anggota aktif angkatan 2023 IKS) juga menyampaikan kesan ketika mengikuti acara ini dia berkata “Menurut saya baksos ini sangat mengesankan,yg dpat menggugah semangat dri para mahasiswa mahasiswi,dan santri.Selain itu dpat menjadi motivasi orang lain untuk saling mengasihi dn membantu sesama.Harapan saya semoga bisa menjadi sebuah program kerja yg bisa tetap dijalankan setiap tahunnya,dn bisa menyebar ke yayasan” lain yg ada di DIY ini.Kegiatan nya dimulai dengan pembukaan,setelah itu ada sambutan dri bapak pengasuh yayasan,kemudian perkenalan,Setelah perkenalan itu bermain tepuk anak Soleh,lalu perkenalan yg dimodel dgn permainan,setelah itu bermain tebak-tebakan dan yang terakhir  bermain balon.”

Bakti sosial ini tidak hanya memberikan bantuan materi dan keceriaan, tetapi juga menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat berbagi dan kepedulian di masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan terjalin solidaritas dan semangat persaudaraan.

Ezra Najih (anggota aktif 2023 IAT) menyampaikan pendapatnya ketika mengikuti acar ini “jadi kegiatannya tuh seru bangets, pertama bisa ketemu anak- anak sekaligus seneng2 main games gitu lho, harapannya semoga bisa lebih banyak kegiatan seperti itu sehingga cssmora bisa lebih berdampak dan bermanfaat pada masyarakat , kegiatannya itu main games seneng2 dulu chil sama anak2, terus doa, terakhir penyerahan baksos kepada pengelola panti pokoknya seru deh” tutur beliau dengan penuh kegembiraan dari muka wajahnya

Ideham (anggota aktif 2023 IAT) turut juga memberikan pendapatnya, menurut dia “bakti sosial yang di adakan oleh cssmora tentunya sangat berarti bagi penerima bantuan tersebut begitu kami juga yang mengikuti senang dengan kegiatan tersebut bisa berkontribusi dalam membantu orang-orangnya yang membutuhkan, kedepannya semoga bisa lebih besar lagi bakti sosial yang di adakan biar banyak orang yang merasakan, di bakti sosial kemarin kita bermain bersama dan saling berinteraksi terhadap penerima tanpa adanya kesenjangan sosial yaitu duduk sama rata tertawa bareng dan bahagia bersama” ungkapnya dengan senang.

Terakhir, anggota aktif angkatan 2023 jurusan Ilmu hadis yang bernama Naufal mengungkapkan bahwa “kegiatan bakti sosial yang di adakan sangat seru, mendidik dan memberikan dampak positif bagi panti asuhan tersebut dan bagi cssmora yang pasti. harapan saya semoga kedepannya cssmora mengadakan kembali kegitan seperti itu dan saya dapat ikut andil dalam kegiatan tersebut, dan dapat berkontribusi lagi pada kegiatan cssmora yang lainnya” katanya.

“Kami berharap, meskipun sederhana, kegiatan ini dapat memberikan makna dan keceriaan bagi para anak yatim piatu dan dhuafa. Sekaligus menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus berbuat kebaikan dan saling membantu,” tutup Fadilla Aisya Ketua Umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Acara bakti sosial ditutup dengan doa bersama dan ramah tamah. Senyum tulus dan hangat terpancar dari wajah-wajah para penerima manfaat, menjadi momen yang tak terlupakan pada bakti sosial hari itu.

link dokumentasi :

https://drive.google.com/drive/folders/118KaQLqZhNDEQIsxeZoVEp41GEDTGj8V

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *